Kamis, 15 Desember 2016

Aplikasi Pertokoan "MiniMart"

Aplikasi Pertokoan "MiniMart"



# Deskripsi Aplikasi

Aplikasi "MiniMart" adalah aplikasi inventori stok barang yang bertujuan untuk memudahkan pemilik toko dalam melakukan proses opname (pengecekan & pengadaan) stok barang di dalam tokonya. Melalui aplikasi ini, pemilik toko dapat senantiasa memantau jenis barang yang stoknya telah berkurang dan kemudian membuat rencana pengadaan barang sehingga pada akhirnya dapat menjamin ketersediaan stok barang di dalam tokonya.

Tampilan aplikasi ini dibuat dengan sangat sederhana sehingga memudahkan bagi pengguna awam untuk memahami dan menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini dapat digunakan pada toko eceran berskala kecil, seperti toko kelontong (toko sembako), toko alat tulis & perkantoran (toko atk), toko listrik, toko elektronika, toko bangunan, toko spare-part motor & mobil, toko aksesoris hp, dll.

Aplikasi ini dibagikan secara gratis sepenuhnya dengan tujuan untuk membantu Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) agar mampu lebih berkembang lagi. Semoga aplikasi ini dapat bermanfaat dan membantu anda dalam menjalankan usaha anda.



# Lisensi

Aplikasi ini gratis sepenuhnya (full versi, tanpa limit, tanpa masa trial, dan tidak berbayar), sebagaimana udara di sekitar kita yang dapat kita hirup secara gratis sepenuhnya, demikian juga aplikasi ini dapat kita miliki dan gunakan secara gratis sepenuhnya.

Kode program dari aplikasi ini juga diikutsertakan dalam pendistribusian aplikasi ini (open-source). Pengguna bebas untuk memodifikasi kode program, meng-compile ulang, dan mendistribusikan ulang hasil modifikasi aplikasi ini tanpa perlu memperoleh ijin dari pembuatnya.




Catatan :
  • File download berisi : aplikasi "MiniMart", panduan penggunaan aplikasi, dan kode program.
  • File download memiliki format nama "MiniMart<underscore><tanggal pembaharuan terakhir>". Jadi, anda dapat mengecek versi terbaru dari aplikasi "MiniMart" dengan cara melihat <tanggal pembaharuan terakhir> yang terdapat pada nama file download.
  • Bagi anda yang ingin meng-share link download aplikasi "MiniMart", harap gunakan link download Google Drive di atas, karena kadang-kadang aplikasi "MiniMart" saya perbaharui sewaktu-waktu, dan melalui link download Google Drive di atas, anda bisa senantiasa memperoleh versi terbaru dari aplikasi "MiniMart".



# Download Aplikasi Pendukung

Aplikasi "MiniMart" membutuhkan 2 aplikasi pendukung agar dapat beroperasi, yaitu:

Anda dapat mendownload kedua aplikasi ini (JRE dan MySQL) secara langsung dari website resminya, namun berhubung karena versi terbaru dari kedua aplikasi tersebut memiliki ukuran file yang sangat besar, maka di sini, saya menyediakan file instalasi versi lama dari kedua aplikasi tersebut yang masih berukuran kecil sehingga tidak memberatkan untuk di-download. Anda dapat men-download-nya di link yang saya sediakan berikut ini:

Silahkan meng-install terlebih dahulu kedua aplikasi tersebut (JRE dan MySQL) sebelum mulai menggunakan aplikasi "MiniMart".

Khusus untuk instalasi MySQL, anda dapat menyimak cara instalasinya di sini :
http://helloyud.blogspot.com/2017/08/panduan-instalasi-database-server-mysql.html



# Fitur-Fitur

  • ---- Barang ----
  • Pendataan barang : ket. umum (harga beli dan jual, stok, stok minimal, keterangan tambahan), daftar gambar, dan daftar suplier.
  • Pencetakan laporan barang dan katalog gambar barang (pada kertas A4, A5).
  • Pencetakan label barang : barcode dan price tag.

  • ---- Subjek ----
  • Pendataan subjek : daftar alamat, daftar kontak, dan daftar barang yg di-suply.
  • Pencetakan laporan subjek (pada kertas A4, A5).

  • ---- Transaksi ----
  • Pendataan transaksi : ket. umum (tanggal, subjek, sales, lama kredit), daftar barang masuk, daftar barang keluar, dan daftar pembayaran kredit.
  • Pendataan pra-transaksi. Pra-transaksi adalah bakal transaksi atau gambaran dari transaksi yang akan terjadi di waktu mendatang. Inputan pra-transaksi tidak berpengaruh terhadap data apapun karena hanya dianggap sebagai "gambaran atas transaksi yang akan terjadi". User dapat menginput pra-transaksi sembari menunggu peristiwa transaksi terjadi di dalam kenyataan. Ketika peristiwa transaksi telah terjadi di dalam kenyataan, maka data pra-transaksi yang telah diinput sebelumnya dapat langsung dikonversi menjadi transaksi.
  • Mendukung penginputan dari peralatan barcode & pencetakan nota pada saat melakukan transaksi (pada kertas A5, A6, Thermal 80mm, Thermal 58mm).
  • Pencetakan laporan transaksi (pada kertas A4, A5).

  • ---- Lainnya ----
  • Mendukung kebutuhan backup dan restore data dari file.
  • Mendukung multi user dan pengaturan hak akses utk masing-masing user, contohnya pemilik toko dapat menginput segala jenis data sedangkan kasir hanya dapat menginput data transaksi saja.
  • Mendukung multi akses (aplikasi dapat digunakan pada beberapa komputer di suatu saat secara bersamaan).



# Spesifikasi Minimal Dari Komputer Yang Digunakan

  • Prosesor CPU : 500 MHz
  • Memory RAM : 1 GB
  • Resolusi Layar : 1.280 X 720 pixel
  • Sistem Operasi : Semua sistem operasi (Windows, Linux, Mac) asal sudah menginstal Java Runtime Environment (JRE)



# Screenshoot Dan Video Tutotial


Video tutorial mengenai penggunaan aplikasi dapat dilihat di :
http://helloyud.blogspot.com/2017/08/video-tutorial-aplikasi-minimart.html



# Pengembang & Kontak

KK-Software (Makassar, Indonesia) (^ o ^).
E-mail : helloyud@gmail.com



Catatan

  • "Bagi yang ingin bertanya, mohon jangan bertanya di kolom komentar di halaman blog ini karena saya dan anda akan susah untuk saling merespon pertanyaan dan jawaban satu sama lain. Lebih baik pertanyaan tersebut dikirim ke alamat e-mail saya agar saya dan anda dapat saling merespon pertanyaan dan jawaban satu sama lain dengan baik."
  • "Pengembang tidak melayani permintaan penambahan fitur pada aplikasi ini, pengembang berharap bahwa anda dapat menggunakan aplikasi ini secara apa adanya."
  • "Jika anda mendapati bug/error ketika menggunakan aplikasi ini, pengembang berharap bahwa anda dapat melaporkan bug/error tersebut ke e-mail pengembang agar pengembang dapat memperbaiki bug/error tersebut sehingga menyempurnakan aplikasi ini."

13 komentar:

Beben saputra mengatakan...

terimah kasih..

my blog

Saif Abu Zulfa mengatakan...

mantap mas..pengen nyoba
kalo utk penjualan produk yg varian jenisnya sekitar 100 macam bisa?

Yudhi Pratama Karsa mengatakan...

@ SaifAbuZulfa, aplikasi ini gratis sepenuhnya & tdk memiliki limit/batasan jumlah jenis barang yg bisa diinput.

joni budiman mengatakan...

makasih gan ,kami coba

Saif Abu Zulfa mengatakan...

kalo boleh usul, penyederhanaan program utk beberapa fitur mas...
1. entri data awal, meliputi
a. nama barang.
b. nama supplier (optional).
untuk panduan nanti ketika memasukkan data stok barang jadi simpel.

2. fitur transaksi penjualan dibuat sesederhana mungkin dan dibuatkan ikon khusus lebih baik, ( ketik nama brg/pake barcode, masukkan qty enter, simple)

3. laporan, meliputi penjualan & pembelian. menampilkan transaksi secara rinci, baik qty atau harga, artinya dibuat per nomor transaksi, kalo dalam sehari ada 100 transaksi, berarti ada 100 nomor transaksi dala laporan, bukan akumulasi spt sekarang.
a. laporan harian
b. laporan bulanan
c. laporan tahunan

4. laporan stok barang, dibuat sederhana seperti berbetuk list, jadi gampang mebacanya.

sementara itu masukannya mas...
makasih atas programnya...

Saif Abu Zulfa mengatakan...

fitur tambah stok brg dmn ya?

Yudhi Pratama Karsa mengatakan...

@SaifAbuSulfa, makasih utk masukannya. Saya sudah menyimak masukan bapak dgn baik.

Saya sudah tidak ingin lagi memodifikasi program ini karena saya sendiri sudah lelah mengerjakan program ini, kecuali kalau sy bekerja di perusahaan IT, ya mau tdk mau sy harus menyempurnakan program yg sy kembangkan untuk memenuhi ekspektasi klien di perusahaan IT tempat sy bekerja. Tetapi sy hanya mengembangkan aplikasi ini utk kebutuhan toko saya saja, dan saya berharap bahwa pengguna aplikasi "MiniMart" dapat menggunakan aplikasi ini apa adanya.

Pada aplikasi ini, tidak ada pemisahan antara data pelanggan atau data distributor, semuanya (baik data pelanggan maupun distributor) dianggap sebagai data subjek saja.

Demikian juga dengan transaksi, tidak ada pemisahan antara data penjualan maupun pembelian, semuanya (baik data penjualan maupun pembelian) hanya dianggap sebagai data 'transaksi pemasukan dan pengeluaran barang' karena aplikasi ini sebenarnya bukan aplikasi POS yg lengkap seperti aplikasi pertokoan/POS yg lainnya. Aplikasi ini hanya sy maksud utk memudahkan pemilik toko dalam cek stok saja.

Utk lihat rincian daftar barang maupun pembayaran pada transaksi, memang sy tdk buat dalam laporan transaksi karena nantinya laporannya akan sangat panjang. Untuk lihat rincian daftar barang maupun pembayaran pada transaksi hanya boleh dilakukan dgn melihat di aplikasi secara langsung, tdk bisa melalui hasil cetakan laporan.

Kalau utk cek stok, boleh mencari dulu barang mana yg stoknya kurang dari stok minimal di 'Form Barang'. Kemudian hasil pencarian boleh dicetak dalam format yg diinginkan (apakah formatnya dalam bentuk laporan biasa, check list, catatan pengadaan barang).

Mohan maaf sy tdk melayani permintaan penambahan fitur di aplikasi ini, kecuali kalau ada bug/error dapat melapor ke saya sehingga sy dapat perbaiki bug/error tersebut. Sy berharap bahwa bapak/ibu dapat menggunakan aplikasi ini secara apa adanya, dan semoga aplikasi ini dapat bermanfaat bagi usaha bapak/ibu.

Saif Abu Zulfa mengatakan...

makasih penjelasanya mas yudi...
semoga mas yudi tetap semangat, dan bisa berkreasi lagi dalam hal IT...
ini saya dpt program mirip dengan minimart, pake base mysql & java,

http://solusiprogram.com/software-toko-kasir-gratis/

kalo saya bandingkan program minimart lebih baik dari sisi databasenya, bisa buat baru,backup,restore.

tapi kalo secara fitur2 aplikasi solusi toko, lebih lengkap, cuma sayang dia basicnya portable.

mungkin kalo aplikasi minimart ini dikembangkangkan seperti aplikadi solusi toko, pasti akan lebih baik lagi.

tetap semangat ya mas yudi...
jarang lho org yg mau menyempatkan membuat program free spt ini,..
sekali lagi makasih banyak atas programnya..

Yudhi Pratama Karsa mengatakan...

@SaifAbuZulfa, makasih kembali...

faidlun niam mengatakan...

Mas itu aplikasi nya yg di atas udah versi. Final kan?
Soalnya saya baru nemu di tahun 2018 ini, sedangkan postingannya thm 2016,
Kalau sudah final terima kasih banyak mas aplikasi. Mau download dulu yg di atas, kalau ada link update mohon infonya

Yudhi Pratama Karsa mengatakan...

@Faidlun Niam, aplikasinya sudah versi final, hanya kadang-kadang saya update kalau sewaktu-waktu ada perbaikan atau penambahan fitur.

Enemys A mengatakan...

izin download gan, buat referensi PBO

farah mengatakan...

mau tanya , alamat email nya apa ya ? kalau mau edit nota bisa ga ya ? edit format nya .. makasih

Posting Komentar

 
Copyright 2009 My Blog